5 Profesi Baru yang Lahir di Era New Normal

0
3
5 profesi baru di era new normal
5 profesi baru di era new normal

Masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, mengubah banyak hal. Hampir di semua bidang kehidupan terkena imbasnya. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pun terjadi di mana-mana, maka 5 profesi baru yang lahir di era new normal ini semoga bisa jadi solusi.

5 Profesi Baru yang Lahir di Era New Normal

Namanya hidup pasti ada naik dan turun. Kalau saat ini Anda mengalami dampak dari adanya pandemi Corona, maka tetap semangat dan teruslah berusaha. Masih ada banyak jalan yang bisa dilakukan untuk bertahan dan mendapatkan penghasilannya.

Berikut ini 5 profesi baru yang bisa Anda coba di masa new normal saat ini dan menjanjikan peluang bagus bagi Anda.

1. Konsultan Digital

Profesi pertama yang bisa Anda coba adalah menjadi konsultan digital sesuai dengan keahlian Anda. Misalnya, Anda memiliki kemampuan desain grafis. Nah, kemampuan inilah yang perlu Anda tawarkan secara digital, bisa melalui website maupun media sosial.

Anda bisa memberi masukan terkait desain yang dibutuhkan orang lain, bahkan Anda bisa sekaligus menawarkan jasa untuk membuatkan desain yang dibutuhkan.

Contoh berikutnya, Anda punya keahlian dalam membuat program, termasuk membuat aplikasi. Manfaatkanlah kemampuan Anda ini untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan jasa pembuatan aplikasi, program tertentu.

Jadi sebenarnya sama saja penerapan keahlian yang dimiliki, hanya medianya saja yang kini berbeda. Jika sebelum pandemi Anda bekerja secara offline, maka di era new normal ini semuanya dilakukan secara digital.

2. Pengajar Online

Anda punya keahlian dalam bidang public speaking. Keahlian ini bisa Anda bagikan dengan menjadi pengajar online. Caranya dengan membuat kelas-kelas berbayar. Jadi selain Anda bisa berbagi keahlian yang dimiliki, Anda sekaligus bisa mendapatkan penghasilan.

Ada banyak bidang keilmuan yang bisa diajarkan secara online, bahkan Anda bisa jadi guru les mata pelajaran untuk anak-anak sekolah, mengingat selama masa pandemi dan new normal ini kebanyakan orang tua masih khawatir mengikutkan anak mereka untuk les secara tatap muka.

Menjadi pengajar online tidak membutuhkan modal besar. Anda cukup memiliki smartphone berkamera, kuota internet, dan mengunduh aplikasi untuk mengajar online, bisa Zoom, Google Meet, dan sebagainya.

3. Kreator Konten

Anda pasti sering membuka internet dan media sosial, kan? Pasti sudah tahu yang namanya YouTuber, influencer, konten creator, media sosial artist, selebgram, blogger, dan sebagainya. Profesi sebagai kreator konten ini sedang naik daun dan memang keberadaannya sangat dibutuhkan dalam dunia pemasaran digital.

Untuk bisa menjadi konten kreator, Anda perlu memahami terlebih dahulu kemampuan Anda di bidang apa, lalu Anda bisa membuat konten untuk media digital yang mana. Jika menjadi blogger, maka Anda memerlukan website atau blog. Jika ingin menjadi YouTuber, tentu Anda dituntut bisa membuat video yang menarik dan memiliki channel YouTube.

4. Copywriter

Hampir mirip dengan konten kreator, namun copywriter lebih pada pembuatan konten dalam bentuk tulisan atau infografis yang mengundang perhatian pembaca. Yang tentu, Anda harus tingkatkan kemampuan copywriting anda. Pekerjaan seperti ini sebagian besar ditekuni oleh beberapa anak muda.

5. Reseller

Saat ini, bisnis online menjadi tren yang digemari banyak pebisnis, baik yang skala kecil maupun brand besar. Ada yang menjual produknya langsung dari website resmi milik perusahaan, ada pula yang menjual produk di e-commerce besar. Meski mereka menjual produk secara langsung kepada pelanggan, kebanyakan dari mereka tetap membuka peluang reseller untuk meningkatkan penjualan.

Di sinilah peluang bagi Anda yang saat ini sedang mencari profesi baru di era new normal. Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi reseller dan menjualkan produk mereka, tanpa harus memiliki banyak modal, bahkan tidak perlu stok barang. Untuk tahu cara menjadi reseller, Anda bisa mempelajarinya dari website official perusahaan, bertanya kepada teman yang telah lebih dulu menjadi reseller, atau ikut dalam grup-grup para pebisnis online.

Itulah 5 profesi baru di era new normal yang bisa dicoba bagi siapa pun yang saat ini sedang membutuhkan inspirasi atau peluang usaha. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here