7 Tips Jadi Pengusaha Bagi Generasi Milenial

0
3
7 Tips Jadi Pengusaha Bagi Generasi Milenial
7 Tips Jadi Pengusaha Bagi Generasi Milenial

Banyak orang beranggapan bahwa untuk memiliki dan menjalankan usaha membutuhkan modal besar, kekayaan yang banyak, dan keberuntungan. Padahal faktanya tidak demikian. Semua orang bisa jadi pengusaha atau pemilik usaha, asalkan tahu caranya. Berikut ini tips jadi pengusaha bagi generasi milenial.

7 Tips Jadi Pengusaha Bagi Generasi Milenial

1. Memiliki Motivasi Kuat

Hal pertama dan yang paling utama untuk bisa jadi pengusaha adalah memiliki motivasi yang kuat. Perlu disadari, yang namanya membangun usaha pasti butuh upaya yang luar biasa, juga kemampuan serta pengetahuan, yang harus dipelajari dan diterapkan dengan cepat. Di saat yang sama, harus siap pula menghadapi tantangan apa pun yang datang.

Itulah sebabnya, untuk jadi pebisnis harus memiliki motivasi yang kuat agar ketika terjadi masalah ataupun rintangan, kita bisa terus melangkah dan tidak berhenti di tengah jalan. Untuk meraih hasil yang sesuai harapan, pasti memerlukan proses sehingga kita sudah pasti perlu melewati langkah demi langkah untuk meraihnya, disertai dengan perencanaan yang matang, dan tentu saja motivasi kuat untuk merealisasikan setiap rencana.

2. Mulailah dengan Sesuatu yang Disukai

Menikmati setiap proses dalam memulai dan menjalankan usaha adalah sesuatu yang memang mau tak mau harus kita jalani, kalau kita ingin jadi pengusaha sukses. Namanya menjalani proses, tentu saja ada saat senang dan ada saat susah. Oleh karena itu, penting sekali jika ingin menjalankan usaha atau jadi pengusaha, kita memulainya dengan sesuatu yang kita sukai.

Artinya, membangun usaha akan terasa jauh lebih ringan dan menyenangkan, jika bidang yang kita kerjakan adalah bidang yang memang kita sukai. Misalnya, kita senang bepergian ke berbagai daerah atau tempat baru, maka menjadi pengusaha bisnis travel sudah pasti menyenangkan.

Atau jika kita memiliki kegemaran bekerja dengan berbagai alat gambar, maka menjadi desainer dan membangun perusahaan yang khusus bergerak di bidang desain sudah pasti membuat kita lebih bersemangat.

3. Tentukan Goals yang Ingin Dicapai

Jika sudah tahu usaha apa yang hendak dibangun, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan agar bisa jadi pengusaha adalah menentukan goals atau tujuan bisnis yang ingin dicapai. Menentukan tujuan di sini harus jelas, detail, dan lengkap.

Menentukan tujuan sejak awal memulai bisnis perlu dilakukan agar kita sudah memiliki arah yang pasti, goals yang ingin dicapai, dan bekerja pun jadi tak asal-asalan. Dengan arah yang pasti, tentunya kita akan bekerja dengan giat demi bisa merealisasikan apa saja yang telah kita tentukan.

4. Membuat Rencana Detail

Buatlah rencana usaha yang akan dituju untuk periode pendek sekaligus periode panjang. Tujuan dari membuat rencana dalam beberapa periode pencapaian di sini agar kita tahu apa yang harus dilakukan dalam tiap-tiap langkah. Di saat yang sama, perencanaan yang baik akan menjadi kompas yang menuntun dan mengarahkan kita hingga bisa merealisasikan impian yang ingin diraih.

Misalnya, saat memulai usaha kita hanya punya dua karyawan dan satu klien, maka kita bisa merencanakan untuk menambah karyawan menjadi 10 dan klien menjadi dua puluh dalam waktu enam bulan. Atau kita bisa menetapkan akan membeli kantor baru dengan dilengkapi teknologi pendukung dalam waktu dua tahun.

5. Mengatur Keuangan Usaha dengan Teliti

Mengelola keuangan sesungguhnya bukan hal gampang, tetapi kita perlu melakukannya supaya usaha yang kita jalankan bisa beroperasi dan berjalan dengan baik. Banyak pemilik bisnis yang mengalami kegagalan dalam membangun bisnisnya karena tidak memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan usaha. Malah ada yang mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha, sehingga semuanya jadi kacau balau.

6. Memahami 3 Hal Penting dalam Keuangan Bagi Pengembangan Bisnis

Kita perlu memiliki pengetahuan lebih terkait penggunaan uang dalam menjalankan bisnis, serta bagaimana membuat laporan keuangan usaha. Ada 3 hal yang perlu kita lakukan dalam mengelola keuangan usaha, yaitu: keuntungan, cashflow (masuk keluar uang), serta rugi dan neraca. Dengan memerhatikan 3 hal ini maka bisa dipastikan keuangan usaha kita akan berjalan dengan lancar serta dapat bertahan untuk waktu lama.

7. Menghargai Waktu

Setiap manusia di muka bumi ini memiliki jatah waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam sehari. Untuk itu, kita perlu tahu cara menghargai waktu dengan baik sehingga setiap detik yang kita miliki bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sebagai contoh dan bukti nyata, kita bisa melihat bagaimana orang-orang sukses di luar sana memanfaatkan waktu mereka. Tidak ada satu pun di antara orang sukses itu membuang-buang waktu secara percuma, karena bagi mereka waktu sangat berharga.

Hal terakhir yang tak boleh dilupakan adalah memiliki kemampuan marketing yang mumpuni dan unik. Menjalankan usaha dan menjadi pengusaha sukses tidak semata-mata berhubungan dengan jual beli saja, namun bagaimana menjalin hubungan baik dan membangun relasi dengan sebanyak mungkin orang.

Semoga 7 Tips Jadi Pengusaha Bagi Generasi Milenial ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi sehingga makin banyak generasi muda, terutama generasi milenial yang jadi pengusaha sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here