7 Alat Analisis Media Sosial untuk Bantu Penerapan Digital Marketing

0
12

Apakah kamu menggunakan media sosial untuk melakukan strategi digital marketing? Apa kamu juga ingin media sosialmu jadi dikenal banyak orang dan mudah ditemukan juga di mesin pencari? Maka hal pertama yang perlu kamu miliki adalah alat analisis media sosial untuk bantu penerapan digital marketing. 

7 Alat Analisis Media Sosial yang Penting Dalam Penerapan Strategi Digital Marketing

Dalam membangun media sosial, membuat foto yang menarik dan bisa menampilkan caption yang unik saja tidak cukup. Kita memerlukan alat analisis media sosial untuk mencari tahu data terkini bagaimana media sosial tersebut bekerja dan sebesar apa dampaknya.

Alat analisis media sosial ini, sangat berguna pula bagi pemilik brand, pebisnis yang menjalankan bisnis secara online, pemilik toko online, bahkan para influencer media sosial. Lalu, apa saja alat analisis media sosial yang perlu digunakan untuk penerapan strategi digital marketing?

  • Squarelovin

Squarelovin adalah alat analisis media sosial khusus Instagram. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa melacak jumlah pengikut yang menyukai postingan kamu, jumlah pengikut, dan mengukur keterlibatan mereka di akun Instagram kamu. Tidak hanya itu, alat ini juga akan memberi kamu saran tentang waktu posting konten terbaik, tagar, dan bahkan filter terbaik yang bisa kamu gunakan di feed IG kamu.

  • Sprout Social

Ini adalah alat analisis media sosial yang banyak digunakan digital marketing agency Indonesia, yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis media sosial kamu. Kalau kamu ingin mendalami performa media sosial kamu, atau ingin membandingkan beberapa platform sekaligus, maka alat ini adalah jawabannya. Kamu bisa mengetahui bagaimana tampilan halaman Facebook, menghitung jumlah klik pada tautan Twitter, mengukur pertumbuhan pengikut di Instagram, dan sebagainya. Hasil laporan lengkap, sudah tersusun rapi sehingga bisa pula digunakan sebagai bahan presentasi, serta mudah dipahami. Sprout Social ini tidak hanya dapat mengumpulkan insight dasar saja lho, tetapi juga memahami artinya dan menampilkannya dengan jelas.

  • Union Metrics

Union Metrics merupakan alat analisis yang dapat memantau konten mana yang memiliki performa terbaik di setiap media sosial yang kamu daftarkan. Selain itu, Union Metrics juga bisa melacak tren apa yang relevan untuk kamu ikuti. Dengan begitu, kamu akan selalu up-to-date.

  • HubSpot

Jika ingin menghubungkan kinerja media sosial yang digunakan dan memantau kinerja media sosial tersebut secara masing-masing, kamu bisa menggunakan HubSpot. Alat ini memungkinkan kamu memantau keberhasilan social media campaign yang sudah Anda jalankan. Bahkan, kamu bisa membandingkan kinerja beberapa channel sekaligus untuk mengukur seperti apa kinerja kampanye yang sudah kamu lakukan, misalnya berapa jangkauannya, audiens seperti apa yang banyak berinteraksi, tayangan dan durasi sesi.

  • Keyhole

Keyhole adalah salah satu alat analisis media sosial yang cukup populer dan banyak penggunanya. Manfaatkan alat analisis ini, memungkinkan kamu bisa mengetahui data media sosial kamu secara real time, popularitas yang berhasil kamu dapatkan melalui channel media sosial, dan data lain yang sangat berguna sebagai panduan untuk menyelenggarakan digital marketing campaign selanjutnya.

  • TapInfluence

Alat untuk social media analytic yang satu ini memberikan kemudahan untuk kampanye influencer yang modern. TapInfluence ini lebih berfokus pada data atau matriks terkait influencer yang relevan. Otomatis, jangkauan postingan media sosial yang kamu buat, bisa dilacak sejauh apa dan bagaimana dampaknya bagi audiens.

  • BuzzSumo

Jika ingin menganalisis keterlibatan sosial dari beberapa konten tertentu, maka tool ini tepat untuk kamu gunakan. Kamu dapat mengetahui sebanyak apa postingan yang diterima di Facebook, atau media sosial lainnya. Dengan memantau kinerja konten yang kamu buat, kamu juga bisa mengetahui apa yang dilakukan oleh para pesaing kamu, serta mengetahui konten-konten buatan kompetitor yang juga populer dan disenangi audiens mereka. Ini bisa kamu contoh, tentunya dengan modifikasi dan inovasi sebagai pembeda. 

Masih ada banyak alat analisis media sosial lain sebenarnya yang bisa kamu temukan, seperti Snaplytics yang fokus pada Snapchat dan story Instagram saja, Curalate yang berfungsi sebagai etalase hybrid dan sekaligus digital marketing agency tools bagi semua perusahaan yang ingin maksimalkan penjualan dari Instagram, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here