Benarkah Lensa Kamera Bisa Rusak Gara-Gara Sinar UV?

0
54
lensa kamera
Benarkah Lensa Kamera Bisa Rusak Gara-Gara Sinar UV?

Ada banyak anggapan yang beredar bahwa penyebab lensa kamera bisa rusak gara-gara sinar UV. Benarkah lenasa kamera bisa rusak gara-gara sinar UV?

Benarkah Lensa Kamera Bisa Rusak Gara-Gara Sinar UV?

Sebagian besar orang percaya bahwa sinar UV adalah salah satu penyebab yang membuat lensa kamera jadi rusak. Tetapi sebagian pengguna kamera tidak mempercayai hal ini.

Pada dasarnya kenapa lensa kamera selalu dilengkapi dengan tutup itu karena untuk melindungi lensa dari goresan ataupun hal-hal lain yang akan merusak permukaan lensa kamera.

Sementara itu, sinar UV tidak langsung secara frontal merusak kaca lensa kamera, namun sinar UV bisa mempengaruhi berbagai elemen penting di lensa dan juga mampu merusak lapisan-lapisan lensa.

Jika Anda membiarkan lensa kamera ‘telanjang’ dan tak dilindungi, itu sama halnya Anda membiarkan lensa jadi mudah rusak. Agar lensa kamera lebih terawat dan tak mudah rusak, Anda perlu menutup lensa dengan baik menggunakan penutup yang telah disediakan setelah selesai menggunakannya.

Masih penasaran, bagaimana pengaruh sinar UV dan hubungannya dengan lensa kamera? Simak uraian berikut ini:

1. Filter Ultraviolet

Kalau Anda ingin mengurangi dampak buruk dari sinar UV alias ultraviolet pada lensa kamera, Anda perlu memperhatikan fiter ultraviolet yang sebenarnya sudah tersedia di kamera. Kalau Anda menggunakan filter ultraviolet ini, Anda bisa mengurangi efek buruk dari sinar UV dan juga melindungi lensa kamera dari goresan.

Pada kamera digital biasanya tak terlalu sensitif, tetapi tetap memberi dampak saat Anda menggunakan filter ultraviolet, terutama untuk menghasilkan foto yang bagus.

2. Lensa Ganda

Coba periksa kamera yang Anda miliki, apakah tersedia fitur lensa ganda? Dengan menggunakan lensa ganda, Anda bisa mengubah lensa untuk menghasilkan berbagai macam efek fotografi yang dramatis.

Ada beberapa jenis lensa yang didesain guna mengambil jenis-jenis foto tertentu. Jika Anda memiliki lensa ganda, tak cuma satu lensa saja yang perlu dilindungi, tapi Anda perlu melindungi kedua lensa, baik dari ancaman goresan maupun gangguan dari sinar UV.

3. Elemen Lensa

Kalau dilihat sekilas, lensa hanya terdiri dari satu lapisan tebal, kan? Sebenarnya, di dalam satu lensa ada 10 lapisan berbeda. Inilah yang disebut dengan elemen lensa. Salah satu dari elemen lensa memiliki sifat pelindung anti-refleksi. Sinar UV bisa mempengaruhi pelindung anti-refleksi ini.

Kalau Anda membiarkan lensa kamera sering kena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, bersiaplah untuk merelakan lensa kamera Anda rusak, karena itu sama saja dengan Anda merusak elemen pelindung anti-refleksi tadi.

4. Lidah Api Matahari

Pernahkah Anda melihat bayangan berupa percikan cahaya mirip lidah api, pada hasil foto yang Anda ambil dalam kondisi siang hari?

Penyebab munculnya bayangan percikan cahaya itu adalah karena efek lidah matahari mengenai lensa kamera. Agar hal ini tak terjadi, Anda bisa menggunakan filter ultraviolet pada kamera Anda.

Semua orang tahu, harga kamera tidaklah murah. Mengganti lensa kamera bila mengalami kerusakan pun harganya juga tidak murah. Daripada telanjur rusak, alangkah baiknya merawat dan menjaga kondisi kamera dengan baik, mulai dari kameranya sendiri maupun seluruh kelengkapannya.

Satu yang terpenting, bagaimanapun juga Anda perlu melakukan perlindungan pada lensa kamera dari sinar UV tak cuma untuk menjaga supaya elemen-elemen pada lensa tak rusak saja, tentunya ini juga berpengaruh pada hasil foto supaya jadi lebih bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here