Cara Bikin Foto yang Backgroundnya Bisa Bergerak

0
61

Akhir-akhir ini di instagram makin banyak yang posting foto background bergerak ya? Foto yang menjadi titik utama tetap diam, tapi anehnya backroundnya bisa bergerak-gerak. Kalau belakangnya pantai sih wajar, tapi kadang ada objek lain yang malah bisaa bergerak.

Pikiran langsung ribet deh membayangkannya. Wah berarti harus jago nih ngeditnya? Ternyata jawabannya, gak juga tuh. Kamu cukup pakai aplikasi untuk mebuat efek background bergerak!

Tuh kan benar, makin kesini dengan bantuan teknologi semuanya jadi bisa lebih mudah. Nah kalau kamu mau mendapatkan foto hits yang backgroundnya bisa bergerak itu, begini caranya :

  1.       Buka Plotagraph dan tekan plus di bagian bawah
  2.       Pilih foto yang ingin diedit
  3.       Pilih area yang tidak ingin digerakkan dengan menekan tombol Anchor.
  4.       Kalau ingin memberi efek bergerakk, gunakan tombol Animate. Taruh jarimu di area yang telah dtentukan, tahan dan geser jari sampai mucul tanda panah. Panjang pendeknya panah akan menentukan hasil  gerakan.
  5.       Kalau ingin mengatur kecepatan gerak maka gunakan tombol Speed.
  6.       Kalau sudah puas dengan editannya tekan tombol Share. Ada pilihan Social Media, Email dan Teks. Kalau kamu memilih Social Medi maka kamu akan menemukan pilihan durasi penyimpanan yng sudah disesuaikan dengan media sosialnya dan ukuran fotonya.  Tekan Save to Camera Roll untuk menyimpan gambar ke smartphonemu.

Notes : Sayangnya aplikasi Plotagraph masih belum bisa didownload di Android. Untuk mendapatkannya di App Store, kamu dikenakan biaya sebesar Rp 7.500.

Nah, lalu bagaimana nasib pengguna non-Apple untuk yang ingin mengedit foto dengan background bergerak? Adakah cara lainnya? Siap-siap, beginilah langkahnya :

  1.       Akseslah website Plotagraph lewat Google Chrome
  2.       Registrasilah terlebih dahulu dengan membuat akun di Plotagraph.
  3.       Cek emailmu untuk verifikasi dan mengkatifkan akun Plotagraphmu
  4.       Masuklah kembali ke web Plotagraph lalu login
  5.       Pilihlah tanda plus untuk memulai pengeditan
  6.       Selanjutnya kamu bisa langsung memilih opsi Plotagraph, dan pilihlah Choose File lalu masukkan foto yang ingin diedit.
  7.       Mengingat Plotagraph yang ini berbasis web maka kamu akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengunggah foto. Sabar ya.. nah, kalau fotonya sudah muncul, selanjutnya tekanlah Create.
  8.       Secara umum tampilan editan via web ini hampir sama dengan yang di aplikasi, tapi karena gratis maka kamu harus bersiap dengan beberapa fitur yang tidak berfungsi. Meskipun demikian kamu tetap bisa membuat background bergerak pada fotomu kok.
  9.       Di awal pengeditan, tekanlah tombol panah, gunakan Direct atau Lasso selection tool
  10.   Tekanlah tombol Animate, maka kamu akan menemui 3 opsi. Pakailah Animation Point untuk membuat titik gerak, Stabilizer Point untuk membuat area tak bergerak, dan pakailah Delete Point untuk menghapus titik yang sudah dibuat.
  11.   Kalau ingin mengatur kecepatan gerak gunakanlah tombol di bawah tombol Animate.
  12.   Sudah puas dengan hasilnya? Tekan tombol Share di bagian pojok kanan bawah dan selanjutnya tap Custom Export.
  13.   Atur jenis frame rate, codec dan juga kualitas videonya. Kalau sudah selesai tap Export dan selanjutnya tap My Exports
  14.   Beberapa saat kemudian akan muncul tampilan ukuran file dan tombol download. Tap Download buat mengunduh ke smartphone-mu.
  15.   Karena Plotagraph yang via website tak berbayar maka akan muncul watermak Plotagraphdi bagian pojok kanan bawah fotomu.

Bagaimana, sudah tak sabar untuk mulai mengedit? Selamat berkreasi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here