Ciri-ciri Kepribadian Sehat dan Tidak Sehat

0
5
ciri Kepribadian sehat dan tidak sehat
Ciri-ciri Kepribadian sehat dan tidak sehat

Masing-masing dari kita memiliki ciri khas dan kepribadian kita masing-masing baik itu yang berupa kepribadian yang sehat dan wajar maupun kepribadian yang tidak sehat dan tidak wajar. Kepribadian yang sehat dan tidak sehat tersebut bukanlah berasal dari sifat dasar karakter diri kita. Lalu apa ciri-ciri kepribadian sehat dan tidak sehat?

Ciri-ciri Kepribadian Sehat dan Tidak Sehat

Kepribadian terbentuk secara perlahan dari waktu ke waktu dan pola yang berulang. Kepribadian yang ada di dalam diri kita masih bisa dikembangkan dan juga masih bisa diperbaiki jika dirasa masih ada kepribadian yang kurang sehat di dalam diri kita.

Untuk mengetahui kepribadian di dalam diri kita apakah sudah sehat atau belum, maka ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa saja yang menjadi syarat kepribadian yang sehat dan apa yang merupakan ciri kepribadian yang tidak sehat.

1. Ciri Kepribadian Sehat

  • Mau menerima segala kekurangan dan kelebihan baik secara pengetahuan yang dimiliki, fisik dan keterampilan.
  • Memiliki kemampuan untuk menerima secara wajar kondisi apapun yang terjadi di dalam kehidupannya serta memiliki kesadaran bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang memiliki kehidupan yang benar-benar sempurna.
  • Memiliki kepercayaan diri bahwa di dalam diri sendiri memiliki kemampuan-kemampuan untuk menghadapi berbagai masalah maupun kesulitan, memiliki kemampuan untuk menggapai kesuksesan dan bertanggung jawab terhadap segala resiko akibat tindakan yang dilakukan.
  • Pribadi yang sehat itu adalah pribadi yang mampu menilai prestasi yang didapatkan sebagai buah dari kerja keras sehingga tidak menjadi sombong, angkuh dan sifat-sifat negatif lainnya.
  • Mampu mengendalikan emosi dalam setiap situasi yang sedang dihadapi dan berpikiran positif.
  • Memiliki tujuan hidup yang dirancang dan direncanakan dengan baik serta memiliki jalan terbaik pula untuk merealisasikan rencana apapun untuk mencapai tujuan hidup tersebut.
  • Mampu berinteraksi dengan orang lain, menjalin hubungan dengan banyak orang membutuhkan kepribadian yang mampu menerima orang lain apa adanya.

2. Ciri Kepribadian Tidak Sehat

  • Tidak mampu mengendalikan emosi dengan baik sehingga menjadi lebih mudah tersinggung, marah pada tempat dan waktu yang salah dan dengan cara yang salah, sering sedih secara berlebihan atau gembira secara berlebihan pula.
  • Suka berbohong, suka mencemooh orang lain, tidak mau kalah, sombong dan arogan.
  • Senang mengganggu orang lain atau makhluk hidup lainnya hanya untuk kesenangan pribadi.
  • Tidak memiliki rasa tanggung jawab, suka mencari kambing hitam, dan tidak memiliki kesadaran untuk beribadah dan menaati ajaran agama yang dianut.
  • Sulit tidur, depresi, pesimis dalam menghadapi apapun yang sedang dihadapi, kurang bersemangat dan mudah putus asa.

Cobalah melakukan instropeksi ke dalam diri kita masing-masing, kepribadian yang seperti apakah yang sudah kita miliki? Kita bisa meminta bantuan teman, saudara atau orang tua kita untuk mengetahui kepribadian yang sudah kita miliki tersebut.

Setelah kita mengetahui dengan jelas termasuk di kelompok manakah kepribadian kita maka segeralah ambil tindakan untuk melakukan perubahan jika ternyata kepribadian yang kita miliki masih termasuk dalam kelompok kepribadian yang kurang sehat.

Jika kepribadian yang kita miliki sudah menggambarkan ciri-ciri kepribadian yang sehat maka berusahalah untuk mempertahankannya dan jika memungkinkan, kembangkanlah terus kepribadian yang sehat tersebut di dalam diri kita sehingga kita menjadi manusia-manusia yang memiliki kepribadian yang semakin baik dari hari ke hari.

Kepribadian yang positif tidak terlepas dari cara pikir dan cara pandang yang positif pula. Hal ini tidak bisa kita pungkiri karena pikiran yang kita miliki memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengatur dan menentukan sikap dan kepribadian kita sehari-hari. Karena itulah, kita harus sungguh-sungguh berhati-hati terhadap apa yang ada di dalam pikiran kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here