Home Kesehatan 10 Makanan Sumber Kolesterol Baik

10 Makanan Sumber Kolesterol Baik

0
7

Kolesterol menjadi bahan utama dalam pembentukan hormon, kolesterol begitu diperlukan untuk tubun. Tetapi, ketidakcocokan density di kolesterol mengakibatkan terdapatnya kolesterol yang menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Kolesterol baik atau yang dikenali dengan High-density Lipoprotein (HDL) sebagai tipe kolesterol yang berguna dalam menghambat aterosklerosis dan memperhatikan kesehatan jantung keseluruhannya. kadar HDL di satu orang bisa berganti kapan waktu juga condong jadi menurun, salah satunya yang mempengaruhinya yaitu pola makan.

Hubungan HDL dengan Kadar Kolesterol Seluruhnya

Kadar kolesterol keseluruhan terbagi dalam HDL, LDL (Low-density lipoprotein), dan VLDL (Very-low-density lipoprotein). HDL cuman meliputi 20-30% kolesterol keseluruhan, sedang paduan LDL dan VLDL, yang termasuk dalam kolesterol jelek, mempunyai bagian 70-80% dari kolesterol keseluruhan. Batasan kolesterol keseluruhan umumnya lebih kurang 200 mg/dL sekiranya sampai atau melampaui 240 mg/dL jadi termasuk terdapat resiko.

Kenaikan kadar kolesterol keseluruhan umumnya dikarenakan kenaikan LDL dan pengurangan HDL. Hingga, kolesterol pada badan mempunyai kepadatan atau density yang lebih rendah. HDL tersebut memiliki fungsi untuk menghambat tumpukan lemak di pembuluh darah. Kalau kadar HDL tinggi, jadi tumpukan lemak di pembuluh darah lebih memungkinkan berlangsung terjadi waktu kolesterol dibagikan di dalam darah.

Pada pria dan wanita, ada ketidakcocokan kadar HDL dimana wanita umumnya mempunyai kadar HDL yang semakin tinggi. kadar HDL yang terdapat resiko di lelaki yaitu kalau kurang dari 40 mg/dL sedang di wanita lebih kurang 50 mg/dL. Makin tinggi kadar HDL jadi resiko berlangsungnya kerusakan pembuluh darah akan semakin kecil.

Apa yang Kita Makan Bisa Mengubah Kadar Kolesterol Baik?

HDL pada intinya sebagai protein lemak yang dibuat oleh liver dan dinding usus. Apa yang kita makan akan memastikan 20% dari kolesterol keseluruhan yang dibuat oleh badan. Diluar itu, tipe gizi yang diserap usus akan memastikan tipe protein lemak yang mana dibuat (HDL atau LDL). HDL umumnya didapat dari beberapa karbohidrat kompleks dan lemak di sayur dan buah, tetapi beberapa tipe lemak di hewan pun dibutuhkan untuk menaikkan kadar HDL.

kadar HDL bisa pula jadi menurun kalau satu orang memakai obat yang ada kandungan hormon testosteron dan steroid anabolik. Oleh lantaran itu, mengelit penggunaan obat itu atau mungkin dengan menaikkan konsumsi serat dan lemak dari tumbuhan bisa meminimalkan kekurangan HDL.

Sumber Kolesterol Baik dari Makanan

Sejumlah makanan buatan yang mempunyai kadar lemak dan karbohidrat yang tinggi bisa menaikkan LDL dan turunkan kadar HDL. Tetapi beberapa tipe makanan mempunyai serat dan lemak yang bagus untuk menaikkan HDL dan menghambat timbunan lemak di pembuluh darah. Diantaranya adalah:

  • Telur

Meskipun tersohor dengan rekam jejak tinggi kolesterol, telur mempunyai lemak yang bagus untuk menolong badan hasilkan HDL. Masalah ini bisa dibuktikan dalam sebuah analisis yang memperlihatkan satu telur setiap hari sepanjang 12 minggu bisa menaikkan kadar HDL lebih kurang 20 mg/dL. Telur pada intinya aman disantap tetapi dampak dari analisis itu cuman diawasi ke orang sehat.

  • Tanaman Biji dan Polong

Seperti kacang hitam, kacang merah, lentil dan kacang navy kaya lemak larut dan memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk pembuluh darah jantung. Tipe makanan ini bisa pula diproses dengan beberapa teknik tanpa ada kehilangan gizi yang berarti.

  • Gandum Utuh 

Sesuai sama makanan mengambil sumber beberapa bijian, gandum utuh yaitu tipe makanan yang kaya lemak larut dan bisa simpel ditemui di roti gandum. Gandum sangat baik untuk kesehatan karena memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Ikan berlemak

Sebagai ikan laut yang mempunyai struktur daging yang padat dan kaya omega-3, seperti salmon, mackerel, tuna dan sarden. Omega-3 yaitu bagian yang paling bagus untuk hasilkan LDL dengan konsumsi 2 ikan per minggu. Kalau Anda mempunyai minim alergi, suplemen omega-3 bisa pula menolong untuk cukupi keperluan gizi itu. 

  • Biji Chia dan Flaxseed

Ke-2 nya sebagai alternatif preferensi dalam skema makan vegetarian untuk menolong kecukupan omega-3. Konsumsi biji chia bisa jadi tambahan dalam masakan tetapi flaxseed seharusnya disantap secara utuh hingga waktu hingga sampai di usus gizi omega-3 bisa meresap dengan prima.

  • Kacang-kacangan

Seperti kacang tanah, kacang dari brazil dan almond memiliki kandungan lemak dan serat yang bagus untuk hasilkan HDL. Kacang umumnya pun memiliki kandungan sterol tumbuhan yang bisa batasi peresapan kolesterol berlebihan. Kacang bisa disantap menjadi cemilan tetapi simak konsumsi kalori Anda.

  • Kedelai 

Tidak mempunyai kandung detail untuk menaikkan kadar HDL langsung, tetapi sebagai preferensi yang bagus untuk substitusi daging lantaran kaya protein nabati. Kedelai bisa dikonsumsi secara rutin agar bisa menyehatkan kondisi tubuh.

  • Buah Kaya Serat

Seperti buah prune, apel dan pir mempunyai serat yang detail bisa menaikkan kadar HDL dan turunkan LDL. Buah kaya serat juga sangat cocok dikonsumsi bagi orang yangs edang menjalani diet sehat. 

  • Makanan Sumber Antioksidan

Seperti buah alpukat, jeruk, buah kasih, coklat hitam dan sayur seperti kale, bit dan bayam. Antioksidan sebagai senyawa yang ada di beberapa makanan dan bisa menaikkan kadar HDL. Satu analisis memperlihatkan kadar HDL merasakan kenaikan dengan konsumsi antioksidan lebih kurang 0,65% dari kadar normal.

  • Minyak zaitun

Meskipun bukan sumber makanan yang langsung dikonsumsi tetapi pemakaian minyak zaitun bisa menaikkan kadar HDL lantaran bisa memiliki kandungan lemak baik. Minyak zaitun bisa dipakai untuk menggoreng atau mengolah dengan suhu yang tidaklah terlalu panas. Minyak zaitun bisa pula dipakai untuk salad dan tambahan di tumisan dan sup.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here