Media Promosi Online di Media Sosial atau Website Efektif Mana

0
6
media promosi online
media promosi online di media sosial dan website

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Tips Promosi Bisnis di Internet yang Paling Efektif, telah dijelaskan bahwa media sosial dan website bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran digital. Kedua media tersebut yang paling sering digunakan daripada harus menggunakan iklan berbayar. Kali ini, Anda bisa mencari tahu media promosi online di media sosial atau website lebih efektif yang mana.

Media Promosi Online di Media Sosial atau Website Efektif Mana

Menggunakan media sosial dan website sebagai media promosi online bisa dimanfaatkan secara gratis dan tentu saja sangat mudah digunakan. Apalagi untuk media sosial, hampir semua bisa menggunakannya karena pastinya mereka juga menggunakan media sosial untuk banyak hal.

Sementara itu, saat ini wesbite maupun blog juga sudah mulai dijadikan media promosi online, mengingat biaya pembuatannya yang masih terjangkau dan Anda bisa melakukan promosi secara lifetime atau dalam waktu yang sangat panjang. Tapi tentu saja, website akan beroperasi selama Anda rutin melakukan pembayaran hosting dan domain.

Cukup bermodalkan domain, Anda bisa membuat blog ataupun website. Harga sewa pertahunnya juga terbilang terjangkau kisaran 100 ribu hingga 200 ribu untuk domain. Sedangkan untuk sewa hosting banyak yang harganya tak lebih dari 500ribu rupiah saja. Oleh karena itu, website bisa menjadi media promosi online yang berfungsi sebagai katalog produk maupun bisnis Anda di internet.

Pilih Media Sosial atau Website untuk Promosi Online?

Pada prinsipnya, keduanya sama-sama bagus, tergantung bagaimana Anda menggunakannya dan mengelolanya sebagai media promosi online secara maksimal. Hanya saja, hingga hari ini memang ada lebih banyak orang yang menggunakan media sosial untuk mencari suatu produk dan bisnis, dibandingkan melalui website.

Berdasarkan data dari Wearesosial Hootsuite yang dirilis Januari 2019, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai lebih dari 150 juta jiwa. Atau 56% dari total populasi penduduk Indonesia. Bahkan jumlah tersebut naik daripada sebelumnya yaitu hanya 130 juta jiwa saja.

Di media sosial, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan yang tepat dan juga tertarget. Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa rata-rata kini sudah punya akun media sosial semua. Setidaknya dalam satu keluarga pasti ada saja yang punya Facebook, Twitter, ataupun Instagram.

Selain itu, dalam media sosial juga tersedia fitur-fitur yang dapat mempermudah penjual dan pembeli berkomunikasi soal harga serta produk yang dijual. Bahkan, kini Facebook telah memiliki fitur marketplace dimana setiap pengguna Facebook bisa lebih mudah menaruh produk di marketplace tersebut untuk dijual.

Maka, baik melalui media sosial maupun website, keduanya tetap bisa dimanfaatkan untuk media promosi online dan sebagai salah satu strategi digital marketing. Berikut beberapa cara memanfaatkan keduanya, sehingga promosi bisnis Anda bisa maksimal.

1. Membuat Konten Berkualitas

Anda perlu membuat konten berkualitas mengenai produk, jasa, atau bisnis Anda dan menampilkannya di media sosial. Pada proses pembuatan konten, utamakan berbagai faktor pendukung yang membuat konten itu bisa menarik secara visual sehingga banyak orang melakukan klik, baik like, share, atau malah meninggalkan komentar. Konten di sini juga bisa dalam bentuk foto, video, maupun infografis.

2. Integrasikan Media Sosial dan Website

Secara alami, ketika ada orang yang tertarik dengan suatu produk dan muncul keinginan untuk membeli, maka dia akan mencari tambahan informasi terkait produk itu. Informasi yang dicari biasanya berkaitan dengan kegunaan dan kualitas produk, layanan purna jual, brand yang meluncurkan produk, testimoni dari pelanggan lain yang sudah menggunakan produk, bahkan hara produknya.

Maka, alangkah lebih baik jika setiap promosi di media sosial Anda, juga dilengkapi berbagai informasi pendukung yang Anda tampilkan di website secara lengkap dan detail.

Lalu kedua media promosi online ini, media sosial maupun website, bisa dihubungkan dengan sebuah link. Sehingga ketika pelanggan melihat promosi di media sosial, mereka bisa sekaligus mendapatkan informasi dari website yang linknya sudah Anda tautkan di postingan promosi di media sosial.

Tak hanya itu saja, jika ingin sukses berjualan melalui website atau media sosial, Anda perlu mengetahui ilmu menulis secara copywriting. Copywriting adalah sebuah teknik menulis materi promosi yang bisa membuat calon pembeli tertarik dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan hanya dengan membaca tulisan Anda.

Jadi, mana yang lebih efektif antara promosi bisnis di media sosial atau website? Jawabannya dalam jangka pendek jelas media sosial masih yang lebih baik. Namun untuk jangka panjang, promosi dengan menggunakan kedua media tersebut sama-sama bisa dilakukan sebagai salah satu cara memanfaatkan media promosi online di media sosial dan website.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here