Home Teknologi Perangkat NAS, Solusi Penyimpanan Data dengan Server Pribadi

Perangkat NAS, Solusi Penyimpanan Data dengan Server Pribadi

0
11
Perangkat NAS, Solusi Penyimpanan Data

Dengan bertambahnya data dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi kita, membuat cadangan data atau backup data telah menjadi sesuatu yang harus ditanggapi dengan serius. Bagi yang masih mengandalkan harddisk eksternal, ada solusi backup data jangka panjang yang lebih kompleks dan aman, yaitu NAS atau Network Attached Storage.

Memiliki banyak foto dan video adalah hal yang normal bagi kebanyakan orang. Saat ini, banyak orang mengandalkan penyimpanan cloud gratis untuk menyimpan foto, seperti menggunakan Google Foto. Namun, mulai 1 juni 2021 Google mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menyediakan penyimpanan gratis untuk foto, beralih ke layanan berbayar.

Kebijakan baru tersebut pastinya akan merugikan banyak pengguna di seluruh dunia. Beralih ke layanan gratis lainnya yang tentunya tidak akan senyaman sebelumnya. Solusi lainnya yang lebih nyaman adalah mempunyai server cloud pribadi seperti NAS.

Network Attached Storage (NAS)

Apa itu NAS?

Network Attached Storage (NAS) dapat didefinisikan sebagai penyimpanan data yang terhubung ke jaringan. Secara lebih lengkapnya, NAS merupakan solusi penyimpanan data yang terhubung ke jaringan (lokal dan internet) dan dapat diakses oleh banyak pengguna. Inilah sebabnya mengapa NAS sering disebut sebagai server cloud pribadi, meskipun memiliki banyak kegunaan lain.

Tidak seperti hard drive eksternal, NAS memiliki sistem operasi dan prosesor sendiri untuk menyediakan fitur tambahan, seperti keamanan data, otomatisasi pencadangan, dan pemutaran file multimedia seperti audio, foto, dan video. Dengan NAS, Anda juga dapat membuat server multimedia Anda sendiri. Bahkan dengan perangkat lunak yang benar, NAS juga dapat digunakan sebagai layanan cloud aman organisasi atau server email pribadi.

Perangkat Network Attached Storage (NAS)

Kelebihan NAS Network Attached Storage sebagai backup storage

Satu hal yang membuat NAS hebat adalah fleksibilitasnya. Anda dapat memilih NAS dengan slot harddisk sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan beberapa slot hard drive, Anda dapat dengan mudah memasang hard drive baru untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan NAS. Bahkan jika perlu, Anda dapat meningkatkan kapasitas RAM untuk baca-tulis data yang lebih cepat. Pada beberapa tipe NAS, juga terdapat dukungan SSD untuk mempercepat transfer data dan pengoperasian NAS.

Keunggulan lainnya adalah NAS dapat terkoneksi dengan jaringan dan internet sehingga dapat diakses dari jarak jauh. Mengingat NAS yang baik biasanya dilengkapi dengan software keamanan yang handal, maka keamanan akses tidak perlu diragukan lagi.

NAS memiliki sistem operasi (OS) tersendiri. Seperti brand NAS Synology yang memiliki OS yang bernama DSM (DiskStation Manager), di mana sistem operasi ini terdapat banyak aplikasi software yang bisa mengatur backup data, recovery data, sinkronisasi data, akses data pengguna, pengaturan file multimedia dan beragam fungsi lainnya.

Network Attached Storage (NAS) Synology

Cara Memilih NAS yang tepat

Ada dua tipe perangkat NAS Synology, yang pertama pengguna rumah dan kantor kecil. Lalu yang kedua adalah pengguna perusahaan atau kantor dengan banyak pengguna yang saling terhubung dalam menggunakan perangkat NAS secara real time.

Tujuan penggunaan NAS juga perlu ditentukan terlebih dahulu sebelum Anda dapat memilih NAS dengan kemampuan pemrosesan data yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, jumlah slot hard drive juga harus diperhatikan. Jangan sampai kehabisan tempat saat membutuhkan kapasitas tambahan.

Jika Anda ragu, ada pilihan yang lebih mudah ketika Anda menentukan memakai NAS jenis apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengunjungi website Synology yang memiliki aplikasi NAS selector yang dapat memberikan pilihan NAS terbaik sesuai kebutuhan yang sedang Anda cari. Website resmi Synology memberikan pilihan NAS terbaik sesuai kebutuhan yang sedang Anda cari.

Perangkat NAS, Solusi Penyimpanan Data

Kesimpulan

Untuk pengguna NAS korporasi, data merupakan aset yang sangat berharga. Tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk pengguna pribadi. Dengan semua keunggulan di atas, NAS dapat menjadi solusi tepat bagi pengguna yang menghargai pentingnya menyimpan data digital.

Sedangkan untuk pengguna NAS rumahan, dengan semua keunggulan Synology NAS, membangun server multimedia pribadi di rumah tidak lagi menjadi masalah. Dengan sistem operasi jangka panjang yang sangat intuitif, mudah digunakan, dan lebih hemat biaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here