Home tips Fungsi, Manfaat, dan Tingkatkan Kemampuan Otak Anda

Fungsi, Manfaat, dan Tingkatkan Kemampuan Otak Anda

0
29
fitur ZenCore via aplikasi Zenius

Keistimewaan otak manusia ternyata luar biasa, Anda mungkin belum tahu kalau 80% dari isi tulang tengkorak di kepala manusia berisi otak. Otak adalah organ terpenting pada tubuh, sebagai pengatur dan koordinator dari seluruh organ yang ada pada tubuh, tingkatkan kemampuan Otak Anda.

Otak pada dasarnya harus tetap dilatih dan diasah untuk mengalami peningkatan kemampuan. Otak dapat mengalami penurunan kemampuan saat manusia tersebut sudah berumur, namun banyak juga manusia yang sudah berumur tetap memiliki kemampuan otak yang prima.

Fungsi dan Manfaat dari Kemampuan Otak Manusia

Kita tak tahu pasti kemampuan otak dapat ditingkatkan kemampuannya sampai batas apa, bahkan orang yang jenius sekalipun masih sepersekian yang dipakai dari total masa otak manusia. Seperti dikutip dari beberapa sumber seperti sciencemag.org, care2.com, dan livescience.com bahwasanya ada beberapa fakta tentang otak, antara lain:

  1. Kemampuan menyembuhkan luka

Penelitian ini dilakukan oleh Ohio University tentang stimulus negatif dan positif pada seseorang ketika mengalami luka, pada orang yang diberikan stimulus negatif kesembuhan lukanya lebih lama dibandingkan dengan yang positif.

Ternyata tingkat stres, kortisol, dan adrenalin saat seseorang diberikan sesuatu yang negatif akan menigkat. Membuktikan bahwa otak merangsang hal tersebut dan menghambat sinyal protein yang dilepaskan oleh tubuh untuk menyembuhkan luka yang dideritanya.

  1. Stres menyebabkan Otak cepat menua

Kali ini penelitian dilakukan oleh California University yang mengungkapkan pelepasan kortisol oleh tubuh saat Anda merasa stres akan memengaruhi bagian-bagian vital yang terdapat pada otak.

Pada penelitian tersebut ada banyak keluhan dari beberapa pasien yang mudah lupa, indikasi dari stres dan tertekan secara rutin.

  1. Belajar dari Tindakan

Pada poin selanjutnya, penelitian dilakukan oleh ahli-ahli Neurologi di University of Parma. Penelitian tersebut menginformasikan bahwa otak manusia memiliki suatu bagian yang otomatis merefleksikan apa yang pernag dilakukan dan diperbuat.

Contoh saja seperti kenapa Anda merasakan kesedihan ketika ada seseorang bercerita atau sedang mengalami sendiri perjuangannya dalam suatu penyakit.

  1. Otak dapat tetap ingat hingga usia tua

Penelitian dilakukan terhadap dua kelompok usia, kelompok muda dan kelompok dewasa. kelompok muda terdiri dari 22 anak usia 5 hingga 12 tahun dan kelompok dewasa terdiri dari 25 orang dewasa berusia 22 hingga 28 tahun.

Semua partisipan diperlihatkan beberapa gambar wajah dan gambar dari suatu lokasi. Alat pemindai otak digunakan untuk penelitian ini, hasilnya menunjukkan ada 12% dari partisipan kelompok dewasa yang lebih banyak mengingat dan menggunakan volume jaringan otak daripada pada kelompok muda.

Contoh Soal pada Aplikasi Zenius

Penggunaan Kemampuan Otak Secara Optimal

Dari beberapa fakta dan penelitian yang telah disebutkan di atas, tentunya akan lebih optimal bila otak diberikan stimulus yang baik sejak usia muda. Tak lupa juga setiap manusia harus menjaga otaknya dalam keadaan sehat dan berikan stimulus-stimulus positif.

Aktivitas fisik, pola makan yang sehat, tidur yang cukup serta seringnya mengasah kemampuan otak akan membuat otak Anda dapat menyimpan berbagai hal baru, pengetahuan baru, ilmu baru, dan semua hal yang positif dapat dijangkau.

Dilatih sejak Usia Dini

Ada beberapa hal yang dapat melatih otak agar tetap terasah dan menyimpan memori dengan baik, antara lain permainan yang mengasah otak, sering mengulang pelajaran, melakukan latihan soal, dan lain sebagainya.

Teknologi yang kian pesat seperti saat ini memudahkan kita untuk mencari sarana melatih otak, sebut saja seperti aplikasi Zenius yang merupakan aplikasi berbasis mobile sebagai sarana bimbingan belajar online.

Aplikasi Zenius

Zenius sudah banyak dikenal membantu anak Indonesia dalam belajar dari tingkat SD hingga ke tingkat Mahasiswa atau akan memasuki jenjang perguruan tinggi. engajaran yang dilakukan oleh Zenius sifatnya tidak satu arah, melainkan secara interaktif seperti pelatihan soal dan tutorial berbasis video.

Fundamental Skill bagian dari CorePractice

Fitur baru ZenCore dari Zenius

Fitur-fitur yang terdapat pada Zenius semakin ke sini semakin berkembang dengan inovasi-inovasi terbarunya, yang baru terakhir diluncurkan bernama ZenCore. Menggunakan fitur-fitur yang ada di Zenius bisa di #mulaidarimanaaja deh, kalau TipsKekini mulai sih dari ZenCore langsung setelah download aplikasi Zenius.

Jadi apa itu ZenCore? ZenCore adalah fitur baru yang terdapat pada aplikasi Zenius yang memiliki Artificial Intelligence (AI) atau kecerdaan buatan yang memungkinkan penggunanya dapat meningkatkan kemampuan dasarnya melalui ilmu matematika, verbal logic, dan bahasa inggris.

Ketiga materi dasar ini untuk kebanyakan masyarakat Indonesia masih kurang diperhatikan secara benar. Ketika ketiga materi ini diasah dengan baik akan meningkatkan kemampuan otak secara baik pula. Tak berhenti di situ saja, ada tingkatan lanjutan pada CoreInsight.

Pada fitur ZenCore, ada tingkatannya karena maksud dari ZenCore adalah memberikan stimulan kepada otak untuk mengasah kemampuan atau skill dan pengetahuan atau knowledge yang menurut Zenius mesti dikuasai oleh semua oranf terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjanya.

Score pada fitur ZenCore aplikasi Zenius

Tingkatan yang ada pada ZenCore

Ada dua inti yang terdapat pada ZenCore sebagai dasar menguasai skill dan knowledge, antara lain:

  • Fundamental Skills
    Fundamental Skill ini bagian dari CorePractice, berguna untuk melatih cara berpikir otak agar makin cerdas. CorePractice ini terdiri dari 3 kemapuan utama yang merupakan pondasi dalam berpikir, yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris
  • Insightful Knowledge
    Insightful Knowledge ini bagian dari CoreInsight, yang berisi pengetahuan dengan wawasan yang luas seperti filsafat, ilmu sains, sejarah, dan lain-lain. Bagian dari CoreInsight ini berguna agar pengguna dapat melihat dunia secara perspektif atau dari beberapa sudut pandang.

Alasan Menggunakan ZenCore

Bagi TipsKekini alasan menggunakan ZenCore simple aja kok, antara lain sebagai pengembangan diri, untuk upgrade diri, mengasah kemampuan otak, kualitas diri, sebagai pencitraan (eh, gak itu asal hehe), masih banyak lagi sih.

Intinya dengan menggunakan ZenCore, pola pikir dan stimulus otak ke arah positif akan terjadi. Daya ingat dan kemampuan otak akan terus menerus terasah, agar kalau usia tak muda lagi ingatan akan tetap ada dan bisa memfilter informasi yang tak benar agar tak terjadi sesat dalam berpikir.

Download aplikasi Zenius

Cara Instalasi ZenCore dari Aplikasi Zenius

Sangat mudah sekali mengoperasikan aplikasi Zenius ini, mengakses fitur ZenCore dan fitur-fitur lain yang terdapat pada aplikasi Zenius. Untuk mengoperasikannya ada langkah-langkah yang harus dilalui, antara lain:

  1. Download aplikasi Zenius di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.
  2. Registrasi, TipsKekini sarankan untuk menggunakan akun Google karena lebih mudah dan terintegrasi dengan baik.
  3. Saat masuk pertama kali akan ditanya jenjang pendidikan atau Gap Year.
  4. Fitur ZenCore sudah ada satu kesatuan pada aplikasi Zenius, jadi Anda tinggal mengoperasikan langsung.
  5. Pilih CorePractice, lalu Anda tinggal memilih mau Matematika, Verbal Logic, atau Bahasa Inggris.
  6. Langsung saja jawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan. Setelah menyelesaikan level, Anda bisa berhenti kapan saja dan akan melanjutkan kapan saja.
  7. Nilai atau score akan tertera pada lama utama ZenCore, pembahasan setelah kita menjawab juga terinformasi. Pembahasan akan memberikan bahasannya ketika kita penasaran ada jawaban yang salah.

Mudah bukan? #mulaidarimanaaja kok kalian bisa mencoba ZenCore ini, bisa mulai dari Matematika, bisa mulai dari Verbal Logic, dan bisa juga mulai dari Bahasa Inggris. Mengasah otak, meningkatkan kemampuan otak dengan ZenCore itu keren loh. –TipsKekini

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here