Tips Promosi Produk di Internet

0
6
Tips Promosi Produk
Tips Promosi Produk di Internet

Internet telah mengalami perkembangan pesat dari masa ke masa sehingga siapa pun bisa mencoba menerapkan tips promosi produk di internet. Hal ini terlihat dengan terus bertambahnya pengguna internet, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di tanah air mencapai 171,17 juta jiwa atau sekitar 64% dari jumlah penduduk Indonesia.

Internet saat ini bukan semata berfungsi sebagai sumber informasi saja, melainkan juga telah bertambah fungsinya sebagai tempat mengembangkan jaringan, berinteraksi antar manusia, dan yang paling utama adalah untuk keperluan bisnis.

Dengan memanfaatkan media internet, kita bisa melakukan promosi untuk usaha atau bisnis yang kita jalankan cukup dari rumah, atau dari mana pun kita berada. Dengan kata lain, menjalankan usaha sekarang tak lagi terbatas harus memiliki tempat usaha stagnan saja.

Tips Promosi Produk di Internet

Memanfaatkan internet untuk melakukan promosi produk bisnis kita sangat mudah, karena kita bisa melakukannya hanya dengan menggunakan smartphone. Teorinya memang begitu, tapi tetap saja ada banyak hal lain yang harus kita perhatikan agar promosi produk yang kita lakukan di internet bisa memberi hasil sesuai yang kita harapkan.

Melalui artikel ini, mari kita bersama-sama mempelajari tips promosi produk di Internet secara jitu hingga bisa mendatangkan banyak pembeli:

1. Promosi Melalui Media Sosial

Pemasaran melalui media sosial dapat dikatakan merupakan salah satu tips efektif, bahkan bisa dibilang cepat menarik banyak pelanggan. Dengan jumlah penggunanya yang mencapai lebih dari 50% penduduk Indonesia, tidak sulit rasanya bagi para pebisnis mencari pangsa pasar di media sosial guna memperlancar bisnis yang dijalankan.

Hampir semua kalangan masyarakat saat ini sudah memiliki akun sosial media, dari anak-anak, remaja, bahkan orang lanjut usia. Bahkan dari berbagai profesi dan latar belakang pun sudah menggunakan media sosial secara aktif.

Jika kita mampu meraih hati dan perhatian mereka ketika melakukan promosi, bisa jadi suatu hari nanti mereka akan jadi pelanggan setia produk kita. Hal yang tak kalah penting, tetap utamakan kualitas produk dan buat konsumen mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan produk yang kita tawarkan. Penting untuk diingat, bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan para pelanggannya.

2. Membuat Website

Memang melakukan pemasaran dengan cara membuat membutuhkan biaya. Meski begitu, biayanya masih terjangkau mengingat banyak sekali penyedia jasa pembuatan website yang memasang tarif beragam.

Hasil dari melakukan promosi produk dengan cara ini pun bisa dikatakan lebih efektif, bahkan cara yang dilakukan ini terbilang jauh lebih profesional dan bisnis kita menjadi lebih terpercaya.

Di sisi lain, memanfaatkan website sebagai media promosi juga memungkinkan kita bisa beriklan secara lifetime. Artinya, untuk satu kali promosi, maka iklan promosi itu bisa bertahan lama di internet, baik dalam bentuk artikel, banner, video, foto, dan sebagainya.

Membuat website sangat mudah, kita tidak perlu memiliki kemampuan koding expert untuk memulainya. Yang terpenting, kita mengetahui dasar-dasar mengenai WordPress self hosting terlebih dahulu. Soal biaya, relatif kembali ke individu masing-masing. Bahkan kini sudah banyak penyedia hosting yang memberikan harga promo kepada pelanggannya.

3. Memanfaatkan Situs Marketplace

Dan cara yang ketiga, kita bisa memanfaatkan situs-situs marketplace untuk melakukan promosi produk yang dijual. Marketplace merupakan sebuah website yang memfasilitasi jual beli secara online, mirip-mirip seperti online shop, namun ada sistem yang mengatur proses jual belinya sekaligus mengatur transaksi yang terjadi dalam marketplace tersebut.

Salah satu pengaturan di dalam marketplace, misalnya, pembeli tidak langsung mentransfer uang kepada penjual, tetapi ke rekening marketplace terlebih dahulu. Setelah barang tiba dan pembeli menerima dengan baik, baru uang tersebut ditransfer ke penjual. Tetapi ada juga beberapa marketplace yang mengirim saldo ke penjual setelah memenuhi ambang batas tersebut.

Menjual produk di marketplace adalah sebuah pilihan yang bijak. Anda bisa lebih mudah mendapatkan pembeli dan tidak mungkin dianggap penipu mengingat sistem yang memberikan rasa nyaman dan aman bagi pembeli maupun penjual. Ada banyak contoh situs marketplace populer yang ada di Indonesia, antara lain Bukalapak, Shopee, Tokopedia, OLX, Elevenia, Blibli, dan masih banyak lagi.

Beruntungnya, kita hidup di zaman yang serba modern sehingga bisa mempermudah banyak urusan yang akan kita laksanakan,termasuk juga dalam hal pemasaran produk kini bisa dilakukan dengan mudah bahkan hanya dengan satu genggaman saja. Tetapi jangan pernah lupakan kualitas produk, ya! Sekian dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here